Cara Edit Template Blog Pada Tampilan Baru Blogspot

Posted by Unknown Saturday, May 18, 2013

Selamat pagi netter.  Sebenarnya tulisan tentang cara edit template blog pada tampilan blogger yang baru sudah lama ingin Mas Kentir tulis. Tapi karena kesibukan menulis yang lain malah jadi lupa kalau artikel ini belum tertulis di blog. Ide ini muncul ketika saya mau mengedit template beberapa waktu lalu. Saya sangat kesulitan dalam mengedit template pada tampilan baru blogspot ini.
Lho, kok tampilan templatenya kaya gini?
Untukmu yang sudah lama tidak  mengutak-atik blog tentu kamu akan kaget ketika kamu akan mengedit template blog kamu. Terlihat tampilannya lebih bagus dan keren, tapi kesannya asing. Memang ada beberapa perubahan pada blogspot. Kalau kamu belum tahu tentu kamu akan kebingunan dan kesulitan dalam menggunakan blogger dengan tampilan baru ini. Tapi kalau kamu sudah terbiasa dengan tampilan ini, kamu akan merasa bahwa tampilan blogger yang baru jauh lebih bagus dan mudah.

Angka 1 adalah menu bar yang disitu tidak ada perubahan dari tamplian halaman admin blogspot yang sebelumnya. Angka nomer 2 dan tampilan dibawahnya adalah tampilan setelah kita klik edit html pada menu template. Disana jelas terlihat perbedaan yang jauh berbeda dari tampilan edit html yang sebelumnya. Yang tadinya pada angka 2 itu ada, sekarang menjadi ada. Dulu angka 2 itu terletak dibawah dan hanya ada "Simpan Template", "Pratinjau", dan "Hapus Perubahan". Sekarang menjadi banyak seperti itu.
Pada kolom halaman html sendiri jelas terlihat berbeda. Ada angka-angka disebelah kiri dan tulisannya menjadi warna-warni. Yang membuatmu bingung pasti ketika kamu akan edit htmlnya. Biasanya untuk pecarian kita cukup tekan CRTL + F. Setelah kamu tekan ctrl + f memang muncul kotak pencarian dibawah (jika menggunakan firefox), tapi kotak pencarian ini tidak berfungsi untuk kolom html. Lalu bagaimana untuk melukan pencarian cepat pada tampilan yang baru ini?
Hampir sama sih, cuma ada sedikit tambahan aja. Kamu letakkan dulu kursornya di kolom html, kemudian kamu tekan CRTL + SHIFT + F. Ternyata cuma ditambah Shift.
Kalau kamu klik menu dropdown "Lompat ke widget" kamu akan mendapati tampilan seperti pada gambar. Widget itu akan mempermudah kamu dalam mencari/mengedit widget-widget yang terpasang di blog kamu.

Semua itu berawal dari kebiasaan. Jangan kamu beranggapan yang baru ini lebih jelek dari yang dulu ketika kamu belum mengenal yang baru itu. Tentu blogger punya tujuan mengubah tampilan yang ada.
Semoga tulisan tentang Cara Edit Template Blog Pada Tampilan Baru Blogspot bisa membantu kesulitan kamu.

Salam Kentir,

Share on :


Artikel Terkait:

1 Responses to Cara Edit Template Blog Pada Tampilan Baru Blogspot

  1. Unknown Says:
  2. jika berkenan ,, agan kunjungi blog saya yah dah folback di http://goedangaplikasi.blogspot.com

     

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers