Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara Menampilkan Widget hanya Tampil di Halaman Awal, kali ini saya akan men-share kebalikannya yaitu Cara Menyembunyikan Widget dari Halaman Awal Blog. Dengan cara ini kamu akan menghemat loading halaman pertama blog kamu. Bila dikombinasikan maka kamu akan bisa menempatkan widget mana-mana yang menurut kamu layak untuk dipasang di beranda blog, dan mana yang pantas untuk dipasang di halaman artikel blog.


Membuat tampilan beranda blog berbeda dengan halaman artikel blog itu akan lebih menarik hati para pengunjung. Apalagi kalau beranda berisi widget-widget yang dapat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan artikel yang diinginkan. Tapi dengan begitu pasti akan membuat halaman artikel menjadi jelek bila widget-widget itu juga terpasang di halaman artikel. Maka untuk mensiasati kerusakan tampilan ini kamu perlu memilah widget mana saja yang layak untuk tidak tampil halaman artikel ataupun halaman beranda blog.

Untuk kamu yang masih bermasalah dengan tampilan admin blogspot yang baru, silakan baca Cara Edit Template Blog Pada Tampilan Baru Blogspot.

Berikut cara menyembunyikan widget dari halaman awal blog sehingga menghemat loading page beranda blog.

1. Login ke halaman blogger kamu.
2. Masuk ke dasbor blog yang ingin kamu edit templatenya.
3. Pilih menu Template, kemudian klik Edit Template.
4. Bila html tidak muncul, silakan pancing dengan cara menekan CTRL+F. Setelah itu untuk melakukan pencarian cepat pada tampilan admin blogspot yang baru ini kamu harus menekan CTRL+SHIFT+F.
5. Cari nama widget yang akan kamu hilangkan dari halaman awal blog, kemudian sisipkan kode yang berwarna merah tepat seperti pada kode berikut.

<b:widget id="HTML1" locked="false" title="" type="statistik">
<b:includable id="main">
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond="data:title != """>
</b:if></b:if></b:includable></b:widget><h2 class="title"><data:title></data:title></h2>
<div class="widget-content">
<data:content>
></data:content>
</div>
<b:include name="quickedit">
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>
6. Lakukan langkah 4 dan 5 lagi untuk menghilangkan widget lainnya yang ingin kamu hilangkan dari beranda blog kamu.

Perhatian!
Sebelum kamu mengeklik Simpan Template, silakan preview terlebih dahulu editan kamu tadi. Bila blog dalam preview berhasil tampil dengan baik, berati editan kamu tadi berhasil dan tidak ada kesalahan. Silakan klik Simpan Template. Tapi bila blog tidak terbuka dan ada pemberitahuan kesalah dalam edit template, silakan hapus editan dan ulangi kembali mengedit template blog kamu.

Itulah tutorial mengenai Cara Menyembunyikan Widget Tertentu dari Halaman Awal Blog. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini, karena blog ini blog DOFOLLOW dan admin akan mengunjungi balik dengan memberikan komentar dan follow blog kamu.
Salam,


Share on :


Artikel Terkait:

3 comments

  1. Anonymous Says:
  2. sip gan ty..
    http://puskesmas-karanggayam02.blogspot.com/

     
  3. akan aku terapkan di blogku http://santrijadijutawan.blogspot.com

     
  4. Anonymous Says:
  5. Tips yg sangat bagus untuk mempercepat loading blog

     

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers